Jumat, 08 Maret 2013

Smile You Don't Cry




Kususuri buku satu per satu. Kurapikan kembali desakan buku-buku yang berjubel. Kurasakan hari ini memang meja belajarku kaya pesawat tempur yang sedang menghempaskan seluruh isinya keluar. Kuremas kepalaku sendiri “Ini sungguh porak poranda!” keluhku pada diri sendiri.
“Risa? Tadi Mama lihat meja belajarmu berantakan banget. Jangan lupa diberesin dulu!” suara keras Mama dari luar kamarku yang cukup mengagetkanku.
“Iyaa, Mama Lastri. Ini lagi Risa beresin, Ma.”jawabku dari dalam kamarku. Semakin lama kuperhatikan, malah semakin berantakan. Karena kusadari aku hanya melongo, bingung akan memulainya dari mana. “Ah, sudahlah! Biarkan aja pesawat tempur yang porak poranda ini menginap  di kamarku untuk malam ini” kesalku sendiri. Tanpa pikir panjang lagi, kurebahkan tubuhku ke tempat tidurku yang berada tepat di depan meja belajar. Rasanya tubuh ini ingin melayang. Ini lebih nyaman rasanya, ketimbang ngurusin pesawat tempur porak poranda itu. Fyuuuh. Kusadari meja belajarku memang kurang kuurus, jadi jika kayak pesawat tempur yang porak poranda harap dimaklumi. Akhir-akhir ini memang aku cukup sibuk. Yaah sibuknya anak sekolah, ngerjain tugas yang makin lama makin menggunung, belajar buat ulangan yang merembet baris kayak semut, dan setiap Senin udah jadi rutinitasku ngikutin ekstrakulikuler PMR. Sadar memang kini aku udah menclok di kelas 8, pinter-pintere aku mbagi waktu aja.
 Lebih baik mejamin mata dulu, siapa tahu waktu melek meja belajar yang udah ngga karuan itu udah berubah jadi toko buku yang berjejer rapi. Haha. Inget, ini cuma imajinasi. Ini bukan negeri dongeng, apalagi negerinya putri bidadari. Haha. Jangan panggil aku Risa, kalo ngga doyan berimajinasi. Belum sampai pada titik terang menuju imajinasiku, sesuatu menghentikanku. Tiba tiba kulihat cahaya muncul dari layar handponeku disertai bunyi getar drrrt… drrrt… drrrt… Perlahan kuraih handponeku. Muncul nama Cinul disana. Tumben Cinul sms malem-malem.
~Cinuuul
“Sa, jd mnta nomornya dia ga? Ak udh pnya nih.”
Aku melongo, coba memutar memori hari ini. Aku? Cinul? Nomor? Udah dapet? Ah, akune lupa. Emang aku pernah minta nomornya siapa?
Sent:
“Nomor ap, Nul? Nomornya siapa? :o”
Sms kukirimkan. Tidak lama kemudian, drrrt… drrrt… drrrt…
~Cinuuul
“Pelupa bgt km sh Sa. Tu lho nomornya cwo tebar psona tu. Hehe”
Membaca sms dari Cinul, maka untuk kedua kaline aku harus muter otak lagi. Aah, iyaa itu cowo yang dimaksud Cinul adalah cowo pemilik lesung pipi itu. Aah rasanya.
Sent:
“Owh, cwo manis, pmlik lsung pipi tu. Ahayde, mna nomornya snih? Wkwk ”
Haha, senyum mengembang di bibirku. Aku dapet. Beberapa menit kemudian. Drrrt… drrrt… drrrt…
~Cinuuul
“Gliran udh inget, lngsung cengir gitu. Ada syratnya Sa? :p”
Ternyata Cinul ada maunya nih pasti. Pake syarat pula. Langsung kutanyakan apa memang syarat yang diminta Cinul padaku. Ternyata benar ada udang di balik batu.
~Cinuuul
“Gmpang bgt. Ak cma mnta nomornya mntan ket. klsmu dulu wktu kls 7. Tu lho nomornya Si Tama yang unyu-unyu. Haha.”
Reflek aku ulangi membaca sms balesan dari Cinul. Tersimpan tawa yang akan meluap dari kata kata ‘Si Tama yang unyu-unyu’. Hahaha. Secara Tamakan punya perut buncit kaya gitu, malah dibilang unyu unyu coba? Dilihat dari mata apa hidungnya Cinul coba? Tapi apa boleh buat, Cinul emang udah naksir si Tama sejak kelas 7. Jadi dimaklumin aja deh. Tanpa pikir panjang, kukirimkan nomor Tama pada Cinul. Lalu kurang dari satu setengah menit langsung kususul dengan kilat sms tagihanku,
Sent:
“Sni mna cpt nomornya si pipi lsung?” smsku seperti menagih utang aja. Selang beberapa menit. Drrrt… drrrt… drrrt…
~Cinuuul
“Sbar donk. Ni nomornya 085xxxxxxxxx”
Dengan hitungan detik, aku menyimpan nomor itu. Ngga lupa, aku kirim langsung ucapan terimakasihku kepada Cinul. Wah, ini muka pasti keliatan merah banget. Lebee amat sih ini muka, saking senengnya dapet nomomore dia mungkin. Haha. Iya dia, dia pemilik lesung pipi itu. Ah, kalo mbayangin lesung pipinya itu. Emm, kenapa dia harus gitu punya lesung pipi? Kenapa dia harus tebar senyuman kaya gitu? Mentang-mentang pamer punya muka enak dipandang?
Namanya Abib, pemilik lesung pipi itu. Kepanjangannya Abib Pravegasevo. Temen sekelasku kini, di kelas 8C yang baru ditempatiku. Abib, nama yang akhir-akhir ini bertengger di sini, di hatiku. Eh, ngaco nih makin lama, makin mikirin yang lebih-lebih. Segera kutelungkupkan mukaku ke bantal dalam- dalam. Ah, kenapa harus kepikiran terus? Padahal cuma dikasih senyum kok langsung gini amat. So, sekarang aku yang senyum-senyum sendiri. Issst!
Drrrt… drrrt… drrrt… Tanda sms masuk. Ini paling sms dari Cinul. Pasti dia mau bales ucapan terimakasihku gini “Sama- sama, Sa” atau sejenise. Mentang-mentag pake axis punya gratisan sms 10 ribu selama 24 jam gitu. Haha. Kuraih handpone kuningku berniat memastikan Cinulkah yang sms. Dan ternyata ndol besar, ondol-ondol pokoke. Aku terlonjak kaget sambil ngga lupa ngucek-ngucek ini mata. Mendekatkan dekat-dekat handponeku radius 5 cm di depan mataku. Tetep ngga percaya, kueja huruf per huruf dengan teliti A-B-I (BI) –B dibaca ABIB. What? Hah? Apa yang aku lakukan?
*Abib Pisung
“Mf ni spa ya?”
Hah? Emang aku sms duluan? Akukan tadi cuma nyimpen nomornya doang. Kuingat kembali. Langsung kulesatkan jemariku menuju sent items. Dan tepat, aku salah kirim. Bukan nama Cinul yang ada di sana, melainkan nama Abib yang ada di sana. Semprul! Bisa-bisanya salah kirim.
Sent:
“Mf ak yg slah krim..”
Aku mengirim sms itu, terbesit dalam benakku leganya, ngga usah cari cara buat sms duluan ke Abib. Yah, aku cuma ngarep, Abib bales smsku. Pas banget. Bener, dia bales smsku. Tapi kali ini aku yang jadi bigung, dia malah tanya namaku. Emang sih buat bibir ini melebar. Ciyee, ada  yang ditanyain “Siapa namamu?” sama pangeran. Haha. Aku pusing lagi jadinya, masa aku bales “Aku adalah bidadari jatuh dari surga tepat di hatimu, Bib.” Ngga banget, atau aku bales “Aku adalah anak gembala yang selalu riang serta gembira, Bib.” Ini lebih ngga nyambung amat. Kemungkinan terakhir aku bales gini “ Aku Risa, Bib”. Semoga ngga terlalu buruk buat dibaca sama Abib.
Sent:
“Ak Risa. Td mw sms k Cinul, mlh nyasar k km ”
Beberapa menit kemudian. Drrrt… drrrt… drrt...
*Abib Pisung
“Risa? Risa yang mana? :o”
Oh No! Dia tanya Risa yang mana? Aku melayang udah ngambang nih. Tolong pegangin Bib *eh. Haha.
Sent:
“Temen sekelas..”
Balesku sekenanya. Semoga dia ngga tanya kenapa bisa nyasar? Aku pastikan aku ngga bisa mbales. Soalnya aku takut kalo aku salah kirim lagi bilang kalo “Bisa aja kalo nyasar ke hatimu.” plak plak plak, tampar tanganku menuju ke pipiku. Tiba-tiba drrrt… drrrt… drrt... Pasti Abib. Yaah.
*Abib Pisung
“Oh, Risa? Pravita Risa Zeiza ya?”
Aah, tolong Tuhan Abib tau nama panjange aku. Bib, gara-gara kamu nih gaya grafitasiku makin melemah. Udah ngambang makin tinggi. Ehem ehem, sadar Risa. Sadar.
Sent:
“Yeah, da yg aneh dgn nmaku?”
Kutunggu balesan dari Abib, tanpa sedikitpun melepaskan si kuning, handponeku dari genggaman ini. Tapi ternyata Abib hanya membalas “Ngga kok” balasnya. Kuputuskan untuk permulaannya supaya jangan sok akrab. Jadi, hanya kubalas “Yaya”. Sms kukirim. Sepertinya sudah selesai sms pembukaan sama Abib. Ada sedikit nyesel, pengen lebih lama. Aww. Beberapa menit kemudian. Mungkin suara  hati ini memanggil namamu Bib. Sms dari Abib rupanya.
*Abib Pisung
“Iyaa, salam kenal Risa J
Wah, dikasih tanda smile. Haha. Bagaikan awal yang baik buat menjalin hubungan, hubungan pertemanan maksudku. Haha. Tidur nyenyak, dan saya persilahkan selamat datang buat Abib di bunga tidurku. Ah, rasanya pengen bilang “Mimpiin aku, Pravita Risa Zeiza ya, Bib” bisikku dalam hati. Wkwk.
             Dari sms nyasar malam itu. Aku dan Abib jadi makin deket. Deket dalam tanda kutip tetep ‘temen’ sih. Haha. Awal kenal sama dia, Abib. Itu cuma sebatas kagum, sebatas kagum yang kini semakin berkembang. Cowo murah senyum ngga ketinggalan dengan seretan lesung pipinya yang ke dalam itu membuatnya terlihat lebih manis.  Bicara lewat hati, aku memang selalu menunggu senyum yang terukir dari wajah manis itu.
             Tiap malem makanan pokokku yaitu nunggu layar handponeku bunyi drrrt… drrrt… drrrt… yang diiringi muncul nama “Abib Pisung”. Yaah aku dan Abib sering smsan. Topik wajib yang sering kita bicarakan itu “Besok ada PR kah?” atau “Besok ada ulangan kah?”. Kalo ngga ada apapun kita sering ngobrol, curhat, atau sekedar sharing aja. Kebanyakan kalo curhatpun, aku yang jadi pewawancara sekaligus pendengar setia dan Abib jadi narasumber yang aku kudek-kudek informasinya. Abib, cowo yang asyik buat diajak curhat atau ngobrol, tapi dia terkadang tergolong spesies jutek, cuek seadanya lah. Ehm, tapi juteknya itu yang kusuka darinya.
             Kalo dia lagi over jutek, aku tahu berarti Abib lagi  ngga mood, bisa juga dia lagi kesel atau marah sama orang, sekalipun itu orang adalah aku. Bukan berarti karena Abib sering jutek, berarti aku selalu ngadem-ngademin Abib, selalu nenangin Abib, atau aku selalu ngalah sama Abib. NOL banget. Aku sendiri cewe yang tergolong lumayan temperamen. Awas aja kalo temperamenku udah kumat. Hindari aja makhluk bernama Risa. Haha. Terkadang juga Abib yang jadi mangsanya. Tapi, aku nyaman marah sama Abib, walau Abib terkadang tak tahu apa-apa. Nyaman karena dia memahamiku. Dia sering nenangin aku kalo lagi marah. Atau sekedar menasihatiku “Kamu jangan temperamen ngapa? Sabar dikit kalo lagi ada masalah J” kata-kata yang selalu terngiang-ngiang di kala si syetan menggoda emosiku. 
             Tetapi mungkin lain dengan ini. Udah tiga hari ini aku diem-dieman sama Abib. Handponeku sepi kayak kuburan. Ngga ada bunyi drrrt… drrrt… drrrt… khusus dari Abib. Cuma gara-gara masalah sepele, yang menimbulkan ego yang gede di antara kita. Akune temperamen dan dia waktu itu mungkin lagi kelewat bad mood. Alhasil ngga ada  yang mau ngalah apalagi minta maaf duluan. Sampai kini,  Udah tiga hari boy! L
             “Aih, Abib! Sms duluan ngapa? Aku kangen sama kamu.” rengekku sambil memukul-mukul handponeku yang tak bersalah. Tanpa terasa ada rasa sakit mengena di sini, di hati. Bulir bening yang sudah tak kuat untuk kutahan akhirya jatuh dari pelupuk mata. “Jangan nangis Sa!” gentakku sediri sambil menyapu bulir bening yang sudah membanjiri pipi ini. Ketika benar-benar air mata ini tumpah. Tiba-tiba handponeku bergetar. Ketika itu pula, muncul secercah harap nama Abib muncul di sana.
             ~Nisaaa
             “Hey! Jgn lupa nntn OPERA VAN JAVA Rood Show in Bandung live TRANS 7!”
             Ternyata bukan Abib yang menyapa handponeku. Ah, sudahlah ini malam Minggu. Bukan waktunya buat ngegalauin cowo. Lebih baik aku turuti ajakan Nisa tadi. Seengganya dengan nonton OVJ itu bisa menggoyangkan perutku dan sejenak menghilangkan huruf A-B-I-B. Sip, ternyata ajakan Nisa mujarab. Haha. Bener baru lima menit aku tonton wajah-wajah kocak itu yang lagi nongol di TV, aku udah tertawa terbahak-bahak. Perutku sampai kaku nampaknya. Kebebesan tertawaku ini juga dipicu, karena yang ada di rumah ini hanyalah aku seorang. Karena Ayah, Ibu, dan Ali, adikku mereka lagi pergi ke rumah nenek. Aku bebas ketawa sampai saltopun, jika bisa tak apa. Haha. Di tengah tawaku yang semakin deras, nampaknya ada bunyi drrrt… drrrt… drrrt… yang mengiringinya. Ternyata ada sms masuk. Aku terbelalak.
             *Abib Pisung
             “Hey? Lg ap? Msh marah yaa?”
             Akhirnya Abib sms. Senengnya aku. Namun, karena dia tanya masih marahkah aku. Ah, itu malah mengingatkanku tentang hal itu. Hal yang membuat aku kesel padanya.
             Sent:
             “Lg nnton OVJ. Iya msih L
             *Abib Pisung
             “Iya deh, ak mnta mf Sa? Wktu tu jg, ak lg bad mood. Mf.”
             Membaca sms dari Abib, membuat luluh hatiku. Lebih baik maafan daripada diem-dieman terus sama dia. Selang beberapa lama kemudian dia hanya bales sms “Makasih Sa” Hah? Cuma dibales makasih doang? Dia ngga mbuka pembicaraan kek apa gimana, cuma makasih doang. Ah cowo ngeselin. Kuputuskan untuk meninggalkan handponeku di atas meja kecil dekat tempat dudukku saat nonton TV. Cukup lama aku meninggalkan TV yang sedang aku tonton. Alhasil mungkin TVnya yang menontonku sedari tadi. Haha. “Mana OVJ? Mana OVJnya? Kok cuma kebagian iklannya? Huh.” gerutuku sendiri sambil membolak-balikan chanel TV. Sambil nunggu OVJnya main, kubuka hp yang tergeletak di meja itu. Rupanya ada tiga sms berturut-turut dari Abib. Entah hanya sekedar nyapa atau memanggilku “Sa? J” Wah gila aja tuh anak, emang aku jelangkung dipanggil tiga kali langsung muncul gitu.
             Sent:
             “Marbles (maaf baru bales), Bib. Hehe. Ad ap?”
             Kurang dari tiga menit. Smsnya datang.
             *Abib Pisung
             “Abis ngapain sh? Deng lama blsnya?”
             Sent:
             “Ak lg nnton OVJ. Hpnya ak tnggal d meja. Mf. Ad ap Bib?”
             Abib malah membuatku bingung. Dia malah membalasnya “Sa?” wah, ini jaringane eror apa smsnya aku yang belom nyampe, nyantol di pohon pete kali. Wkwk. Akhirnya kuulangi membalasnya “Ad ap?” gumamku. Cukup lama Abib mbalesnya.
              *Abib Pisung
             “Sa, ak mw ngmong sesuatu sm kmu?”
             Kubaca smsnya, cukup membuatku tersentak. Dalam benakku mulai bertanya-tanya. Ada apa dia? Dia mau ngomong apa? Jarang-jarang dia mau ngomong pake minta ijin dulu apalagi basa-basi. Ah, ini membuat reflek dadaku berdegup lebih kencang. Jangan-jangan dia cuma mau ngomong kalo besok ulangan Fisikanya join yah. Aiih. Tenang Risa. Kutekan satu per satu tombol qwerty handponeku dengan hati-hati.
             Sent:
             “Mw ngmong ap? Tinggal ngmong.”
             Lima menit berlalu belum ada balesan darinya. Aiih, ini anak jangan coba-coca main-main sama aku! Drrrt… drrrt… drrrt… Langsung kuraih dan kubuka.
             *Abib Pisung
       “SEBENARNYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA...”
             Berulang-ulang kubaca. Hurufnya capslock, abjad 'A' nya banyak banget. Pertanda apa ini? Ya benar, jantungku rupanya sudah melonjak-lonjak sedari tadi. Doaku cuma jangan sampe Abib tau kalo jantungku lagi melonjak-lonjak ngga karuan karenanya.
             Sent:
             “Sebenarnya ap, Bib?”
             Nunggu lama balesannya. Ngga papa deh. Aku di sini hanya bisa mondar-mandir kaya cacing kepanasan di ruang TV. Huhahuha.
             *Abib Pisung
            “DIRIKUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU...”
             Ayolah Abib. Beranikan dirimu. Tinggal bilang “SUKA SAMA KAMU” harapku ngga sabar. Tak kunjung juga ada sms balesan darinya. Untuk kedua kalinya, kuulangi menanyakan padanya.
             Sent:
             “Sebanarnya apa? Diriku apa? Sebenarnya diriku apa?” tanyaku penuh harap.
             Lama sekali Abib tak membalasnya.
             5 menit . . .
             “Bib, bales dong!” jantungku bergenderam seperti mau perang.
             10 menit, Krik krak.
             “Abib, bales dong!” jantungku mencuat-cuat seperti ingin keluar.
             15 menit, Tung Tang.
             “ABIB PRAVEGASEFO, BALES DONG!” jantungku udah keluar. Eh, berarti mati dong. Ups. Sampe menit ke 15, ngga ada sms satupun masuk dari Abib :(.
             “Abiiibb” teriakku seketika di tempat. Sepertinya ada jawaban, drrrt… drrrt… drrrt... Secepat roket, aku meluncurkan jemari ini untuk membukanya. Tepat Abib. Dag dig dug der.
             *Abib Pisung
             “Tau ah. Ak  pngen tidur Sa. Hehe. Bye Sa :p”
             Hoh? Reflek aku melongo. Layaknya burung hantu langsung kutengok jam yang  menempel di ujung dinding sana. Jam baru nunjukin pukul 20.30 WIB dan ini malam minggu. Bukan takaran anak cowo jam segini mau molor.
             Sent:
             “Issst! Kmu tega bgt :'(”
             *Abib Pisung
             “Kok ekspresinya nangis sih? L
             Sent:
             “Biarin! Snah tidur!” jawabku ketus. Ngapain Abib masih sempet mbales, katanya udah ngantuk. Masa sambil merem sambil smsan. Hah, ngga bisa dibayangin deh.
             *Abib Pisung
             “Jangan sedih, Sa :'(“
             Aist, masih sempet nenangin aku lagi. Ah, kuputuskan untuk ngga bales smsnya lagi. Cukup. Sesak di hati ini makin perih. Kenapa kamu harus nggantungin aku gini sih? Kayak buah pelemnya Pak Diman aja, yang selalu nggantung ngga tahu kapan mau panennya. Issst.  “Ahh, kenapa harus nggantung endingnya gini, Bib? Ngga bagus banget. Ini endingnya miris banget, Bib L” ucapku sambil meremas dada ini, yang nampaknya sudah teramat sesak, perih mendalam. Tak terasa air mata ini jatuh menetes tepat di atas layar handpone kuningku yang kutaruh dipangkuanku. Seperti ingin merespon, seperti biasa dengan nyala handponeku diiiringi drrrt… drrrt… drrrt…
             *Abib Pisung
             J Jangan sedih :'(
             Aaah Abib, kali ini bukan sedih lagi. Udah banjir air mata kali. Sejenak kupejamkan mata. Berharap melupakan semua yang telah terjadi tadi sekejap mata. Namun semakin kupejamkan, maka semakin berat pula yang kurasa.  Kubuka kembali kelopak mataku. Air mataku masih terasa menggenang. Bagai mendapat semilir angin sejuk, tepat lurus di ujung sana para wayang OVJ lagi nyanyi bareng sama para penontonnya. Gini lirik terakhirnya “SMILE, YOU DON'T CRY”. Ternyata itu lirik buat persembahan terakhir  OVJ malem itu. Perlahan kutarik bibir ini untuk mengukir senyum termanisku sambil melukiskan kembali ingatanku tentang senyum manis si pemilik lesung pipi itu.
SEKIAN. . .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar